Saturday, January 02, 2016

Mau Exchange Student ? Ngimpi lo !!

Sempat kepikiran kalo pergi ke luar negeri itu....
"Susah, ribet, kudu sukses dulu lah, lu ini masi kuliah (iya, 2015, gw masi kuliah di IPB) ga bakalan bisa deh main-main keluar negeri, kudu udah kerja punya penghasilan, kudu punya pacar, kudu punya mantan kudu punya modal uang gede banget !!"
Tapiii......
Itu bohoong~ itu palsuuu~
#maafkeunkhilaf

Oke lanjut..
Padahal udah jadi salah satu impian sih, bisa pergi keluar negeri sebelum lulus dari kuliahan. Well, Nothing wrong to have a dream right ? malah kudu banget punya impian, yang salah itu ya kalo sekadar punya, tapi ga mau mewujudkannya menjadi nyata.

Setelah dicari-cari ternyata banyak banget cara untuk pergi melancong ke luar negeri tanpa perlu mengeluarkan dana yang banyak banget broh (bayak banget ini segimana ya? ). Ya aa pastinya kurang dari 1 milyar sih, haha :v

Salah satu caranya adalah mengikuti program AIMS (ASEAN International Mobility for Student) sebuah program pertukaran pelajar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Indonesia yang dikoordinasikan dengan SEAMEO RIHED (Southeast Asian Minister of Education Organization - Regional Centre for Higher Education and Development). Beberapa negara yang terlibat dalam program ini yaitu Indonesia-Malaysia-Thailand-Vietnam dan yang terbaru adalah Jepang. Disiplin ilmu yang boleh join dalam program ini adalah bidang Pertanian, Bahasa dan Budaya, Bisnis Internasional, Perhotelan dan Pariwisata, serta Ilmu dan Teknologi Pangan (ini pas tahun 2013, nih sumber -nya). Durasi pertukaran peajar ini biasanya selama 6 bulan (1 semester).

Alhamdulillah kampus saya, IPB termasuk dalam program ini (iyelah, nama aja udah pertanian, udah gitu jurusan yang saya ambil Ilmu dan Teknologi Pangan pula, pas banget lah ini).

Ketika tahu ada program ini di kampus, segera deh cari-cari info bagaimana cara ikutannya, proses mendaftarnya dan proses seleksinya...

Nah saya akan berbagi pengalaman saya selama mengikuti program ini, khususnya untuk kamu anak ITP IPB (untuk kampus lain mungkin prosesnya bisa jadi sama atau malah beda)...

Oke, dimulai dari nol ya mba, tahapannya dimulai dari :

1. Pendaftaran
Diawali dengan mengisi formulir yang dapat diperoleh di sekret departemen ITP atau biasanya sih di upload di internet formulirmya (waktu tahun saya, dari akun twitter @AIMS_DFST_IPB). Formulirnya seperti link disini.

2. Seleksi Wawancara
Nanti akan ada infomrasi mengenai kapan wawancara akan dilaksanakan. Biasanya pengumuman akan ditempel di mading sekitar sekretariat ITP, atau kalau sekarang mungkin akan di post di FB Dept ITP, atau di akun twiiter diatas.

Saat wawancara :
Pewawancara biasanya ada tiga dosen, (biasanya mereka adalah salah satu diantara ini : Pa pungki/ Pa Eko/ Bu Dias/ Bu Antung/ Bu Uswah). Pertanyaan yang ditaya biasanya seputar alasan kenapa mau exchange, kenapa pilih univ ini dan itu, TOEFL score,  kegiatan diluar akademik (misal panitia, bem, atau ngasprak di ITP), kesenian/ skill apa yang dimiliki (untuk bisa ditampilkan ketika nanti ada event cultural di kampus tujuan). Pastinya interview ini dalam bahasa sunda English atuh !!

3. Pengumumaaan
Yeaah, nama mu akan mejeng di mading ITP atau di FB dept, atau di akun twitter tadi (kalo keterima ;p)

4. Melengkapi Berkas
Setelah pngumuman, kamu akan diminta untuk melengkapi beberapa dokumen terkait yang diperlukan oleh univ tujuan mu, beberapa diantaranya  yaitu sertifikat TOEFL, asuransi, fotocopy paspor, pas foto ukuran sekian sekian, sertifikat prestasi (jika ada), dll (ini lumayan riweuh coy)

5. Berangkaat
Ta daaaa, akhirnya kamu bisa berangkat ke luar negeri  \(^,,,^)/

Masih inget banget di tahun pertama saya mencoba mendaftar program ini, ketika wawancara, waktu itu gugupnya ga ketulungan, ngomong english nya blepotan banget haha. Trus ditanya tuh kan, "Apa ada skill seni yang bisa ditampilkan ?" dan entah kesambet apaan saya jawab "nyanyi pak".
Gilaaak !! kesambet apaan saya bisa jawab gituh
dan kacau nya lagi, ketika disuruh nyayi, eh malah nyanyi lagu.........

_Indonesia Pusaka_
"Indonesia~
Tanah airku..
Tanah Tumpah Darahku...."
fyi suara saya bass, dan kebayang tuh nyanyi pake suara bass, kondisi lagi mau tewas, harap-harap cemas, muka udeh pias, beuuh~

Walhasil tersenyumlah sambil ketawa kecil deh pewawancaranya, yang saya bingung ini kudu seneng atau gimana... Ini senyum karena bagus ato karena lawak banget saya nyanyi nya. Malah miris sih jadinya. hahaha.

dan di percobaan pertama ini, alhamdulilah saya..............

GAGAL !!
Ga lolos seleksi. disitu kadang saya merasa sedih...
tapi tetep bersyukur ajalah disemua keadaan, mungkin belom rezekinya. Dan bener aja, karena ga jadi ikut ini, akhirnya malah ikutan lomba paper tingkat nasional yang kalo juara satu, prize nya bisa jalan-jalan ke Bangkok gretong !! ajib banget nih,
pas pengumuman juara ternyata dapat.....

First runner Up !
*utk yg belom tau, itu artinya dapet juara dua vroh
*Iyeee tau, gagal lagi mo keluar negerinya haha
Tapi tetep bersyukur aja broo, pasti ada waktunya gau akan caw....

dan lubuk hati ini berkata......
"Just try, keep trying, don't stop, and nothing to lose,
Itu orang lain bisa, kamu juga  pasti punya peluang untuk bisa kok !!"
Itulah yang selalu teringat saat akan mencoba untuk mendaftar lagi program ini di tahun berikutnya. Oiya, program AIMS ini merupakan program tahunan kok, so kalau belum tembus di tahun ini, coba aja di tahun berikutnya. Yaa dengan syarat kamu masih dinyatakan aktif sebagai jomblo mahasiswa di kampus dan tentunya masih berniat untuk mencoba program ini.
"Man Jadda Wa Jadda",
pepatah arab yang artinya kurang lebih artinya
"Siapa yang berusaha, pasti dia akan mendapatkan apa yang diusahakannya",
sebuah kalimat pamungkas yang pernah muncul di novelnya A.Fuadi "Negeri Lima menara".
Ini kalimat selalu keinget di kepala ketika sedang berusaha mengejar suatu keinginan.

Alhamdulilah...
Di trial kedua ini, membuahkan hasil juga...

Saya berhasil diterima sebagai peserta exchange student !!
Akhirnya impian saya terwujud !!
Menembus batas negara Indonesia, ke luar negeri !!
Mampir ke negeri orang !!
Pake uang sendiriii !! (engga deng, pake uang DIKTI, uang rakyat nih, ckck) 
 ___yg bener itu pake usaha sendiri, dan ga pake uang bokap nyokap !
#lebay #tapikumahaatuh

Well semua ini juga tak lepas dari usaha yang sudah dilakukan dan tak lupa selalu berdoa kepada sang Pencipta dan sang Pemberi keputusan, Allah SWT.

(Ah...No pics hoaks they say..)
Fine, this is the cerificate vroh....

Yups, that's all...
Sekian dulu postingan tentang student exchangenya,
Semoga bermanfaat ya.................................................

NB :
untuk cerita lebih detail mengenai kehidupan selama exchange, lanjut [ke sini] ya


*btw yuk ikutan bisnis online iseng, kerjaanya cuma click link iklan, trus digaji deh, pembayan via paypal, payza, neletter, sambil iseng kalo lagi gaada kerjaan, klik link dibawah ini, ane juga udah daftar, dan udah dapet segitu (liat di gambar), mayaan laah*

No comments:

Post a Comment

Since you've read this article, don't you mind to leave your traces here ? :)
*don't worry, you don't need to pay anything to comment, it's free~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...